Jika rumah terbakar, anda hanya memiliki waktu kurang dari 4 menit untuk menyelamatkan diri. Mengapa


Jika kita cermati, sebagian besar musibah kebakaran di tempat tinggal / rumah hampir selalu membakar habis rumah tersebut. Bahkan sering menyebabkan korban jiwa. Saksi mata selalu mengatakan bahwa kejadiannya sangat cepat, api cepat merambat ke seluruh bagian rumah. Hal ini menyebabkan korban terlambat menyelamatkan diri.


Mengapa api sangat cepat merambat ?


Tahun 1970-an National Institute of Standards and Technology (NIST) di Amerika melakukan studi tentang kebakaran di rumah. Kesimpulan yang didapat adalah kita memiliki waktu sekitar 17 menit untuk menyelamatkan diri. Pada tahun 2004 NIST melakukan studi yang sama dan hasilnya menurun secara drastis dimana waktu menyelamatkan diri hanya sekitar 3 menit. Mengapa terjadi perbedaan yang signifikan pada studi yang sama namun dengan tahun yang berbeda ?


Pada tahun 2009, Underwriters Laboratories (UL) di Chicago memperkuat dugaan tersebut. UL melakukan percobaan dengan dua ruangan yang berisi furniture yang berbeda. Satu ruangan menggunakan furniture lama (Legacy room) dan satu ruangan lagi dengan furniture modern (modern room). Kemudian api dinyalakan di sofa masing-masing ruangan tersebut.


Hasilnya butuh waktu hampir 30 menit untuk legacy room mencapai flashover. Sedangkan hanya dalam waktu kurang dari 4 menit modern room sudah mencapai flashover.


Furniture adalah penyebab utama perbedaan waktu yang cukup signifikan tersebut. 30 tahun yang lalu furniture menggunakan bahan dari bahan yang natural seperti kayu solid dan bahan natural lainnya. Sedangkan saat ini furniture lebih banyak menggunakan kayu yang tidak solid, particleboard bahkan bahan dasar plastik. Sofa dan tempat tidur yang dulu diisi kapuk pun saat ini diganti dengan bahan-bahan sintetik yang mudah terbakar. Perubahan ini terjadi karena pertimbangan keindahan, kenyamanan dan tentu saja lebih ekonomis. Namun ternyata tidak begitu baik jika ditinjau dari sisi keselamatan.


Siapkan alat keselamatan


Menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) dan fire blanket dan berlatih cara menggunakannya merupakan langkah yang sangat baik. Namun pemadaman hanya boleh dilakukan jika api masih dalam katagori kecil. Jika sudah membesar, segera mungkin keluar dari rumah. Apabila anda memiliki dana lebih, perlu dipertimbangkan memasang sistem sprinkler karena dapat memadamkan api walaupun rumah sedang ditinggal penghuninya. Alat minimal yang wajib ada adalah smoke detector.


Secepatnya menyelamatkan diri


Dengan waktu yang sedemikian cepat, maka tindakan yang paling tepat adalah sesegera mungkin keluar dari rumah. Karena yang seringkali membahayakan adalah gas atau asap yang dihasilkan dari proses kebakaran. Gas tersebut dapat menyebabkan sesak napas dan kehilangan kesadaran. Itulah sebabnya banyak korban ditemukan masih berada di tempat tidur mereka. Disinilah pentingnya smoke detector.



Pict : http://www.doomandbloom.net


Catagory
Artikel
Berita
Tags

© 2013 by Safetycode HSE Authorized Training Center

  • Facebook Social Icon